Cara Membuat Jaringan Wifi di Cisco Packet Tracer Mobile


Jaringan Wifi adalah jaringan yang saling terhubung menggunakan gelombang radio(nirkabel), jaringan ini juga bisa disebut sebagai Jaringan Wireless atau WLAN (Wireless Local Area Network). Pada pembelajaran kali ini kita membutuhkan Server sebagai DHCP Server, Access Point sebagai Pemancar gelombang radionya, Switch sebagai penghubung dan Laptop sebagai Clientnya. 

Fungsi Jaringan Wifi

Fungsinya kurang lebih sama seperti Jaringan Wireless yaitu memudahkan pengguna untuk terhubung keinternet, jika menggunakan Kabel (Wired) kita akan repot karena harus colok sana sini, belum lagi kabelnya harus di Crimping dulu, terus juga jangkauannya terbatas dan intinya ribet banget. Sedangkan jika kita menggunakan Jaringan Wifi/Wireless akan jauh lebih mudah karena yang harus di konfigurasi di servernya aja, client hanya meminta Request IP darinya dan juga Jangkauan dari Jaringan Wifi/Wireless jauh kebih luas karena berbasis Gelombang Radio bukan kabel. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa kecepatan internet yang didapat antara Wired dan Wireless masih cepat Wired dan juga soal kemanan Jaringannya tentu masih lebih aman yang Wired karena PC yang terhubung dengan kabelnya saja yang bisa masuk ke Internetnya sedangkan Wireless yang berbasis gelombang akan rentang dibobol karena perangkat yang ada didaerah yang terkena gelombangnya akan tau kalau ada jaringan Wireless.
 
Langkah - Langkah

Pertama seperti biasa kita buat topologinya dulu.


Selanjutnya beri IP ke Servernya.

Aktifkan DHCP Servernya.

Lalu masuk ke Access Point.

Beri nama SSID, klik WPA2-PSK lalu masukan password di PSK Pass Pharase lalu klik Apply Changes. Untuk nama SSID dan Password bebas.

Tambahkan 3 Laptop, kemudian klik Laptop0.


Pilih Physical.

Matikan dulu powernya, klik Tombol power.

Klik portnya lalu tarik kebawah atas atau kemana pun asal dislot portnya kosong.

Tarik Linksys-WPC300N ke slot portnya.

Klik Tombol Powernya.

Masih di Laptop0, pilih Desktop lalu pilih PC Wireless.

Isi Sesuai dengan yang ada di Access Point.

Masuk ke IPv4 Configuration. Nah IPnya sudah ada kan.

Lakukan hal yang sama ke Laptop lainnya, sehingga hasilnya menjadi seperti ini.
Laptop1
Laptop2

Tampilan akhirnya akan menjadi seperti ini.

Sampai disini konfigurasi selesai, sekian dulu untuk postingan kali ini, semoga bermanfaat, mohon maaf lahir dan batin dan seperti biasa Terima Kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konfigurasi Menghubungkan 2 VLAN Berbeda ( Cisco Packet Tracer Mobile )

Konfigurasi Routing Statis Default Route ( Cisco Packet Tracer Mobile )

Cara Konfigurasi IP Address di Debian 8