Cara Telnet Router di Cisco Packet Tracer Mobile

Konnichiwa ( Hello ).
Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang Cara Telnet Router di Cisco Packet Tracer. Dikonfigurasi kali ini kita tidak memerlukan banyak perangkat sama sekali, kita hanya perlu 2 perangkat yaitu laptop dan Router. Router berfungsu untuk mengaktifkan telnetnya dan Laptop fungsinya untuk penguji coba layanan telnetnya.

Apa itu Telnet dan Bagaimana Cara Mengkonfigurasinya ?

Telnet konsepnya sama seperti ssh yaitu protocol berbasis Client-Server yang bisa meremote PC,Router,Switch dsb dari jarak jauh. Ngeremote maksudnya kita menendalikan perangkat-perangkat tersebut dari jarak jauh seolah olah kita sedang menggunakannya secara langsung. Oke gak pake ribet lanjut ke konfigurasinya.

Pertama buat Topologi seperti ini.

Masuk ke laptop dan beri IP seperti ini.

Sekarang masuk ke Router lalu beri IP ke routernya.
Router> enable Router# configure terminal Router(config)# interface fa0/0 Router(config-if)# no shutdown Router(config-if)# ip ad 192.168.1.1 255.255.255.0 Router(config-if)# exit 







Kalau sudah buat username dan password, untuk penamaan dan passwordnya bebas. Contoh username benkyouit password 123, lalu aktifkan fitur telnetnya.
Router(config)# username benkyouit password 123 Router(config)# line vty 0 4 Router(config-line)# transport input telnet Router(config-line)# login local Router(config-line)# exit






Sampai disini konfigurasi selesai tinggal pengujian melalui Command Prompt di laptop.


Sekian untuk postingan Cara Telnet Router di Cisco Packet Tracer Mobile kali ini, semoga bermanfaat.
Terima Kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konfigurasi Menghubungkan 2 VLAN Berbeda ( Cisco Packet Tracer Mobile )

Konfigurasi Routing Statis Default Route ( Cisco Packet Tracer Mobile )

Cara Konfigurasi IP Address di Debian 8